Daftar Negara yang Warganya Hidup Berdampingan dengan Hewan Buas
Berita Terbaru

Daftar Negara yang Warganya Hidup Berdampingan dengan Hewan Buas

Belakangan ramai dibicarakan nama seorang Bilal Mansor Khawaja. Ia adalah seorang penduduk negara Pakistan yang punya koleksi tak kurang dari 800 an singa.

Yang lebih hebatnya lagi, seluruh koleksi singa Bilal hidup di area yang sama dengan sang majikan. Luar bisa sekali bukan?

Tapi tunggu dulu, jangan coba tiru ide Bilal untuk diadaptasi di Indonesia. Sebab di Indonesia, memelihara hewan berjuluk raja hutan dan terkenal dengan kekuatannya ini sungguh tak mudah.

Pakistan Adalah Surga Bagi Pecinta Satwa

Bebeda dengan di negara Pakistan.

Di Pakistan, urusan ekspor impor hewan eksotis tak punya undang-undang seketat di Indonesia.

Warga Pakistan bisa dengan bebas memelihara hewan-hewan yang dianggap buas dan liar dengan mudah layaknya hewan peliharaan rumahan seperti anjing atau kucing.

Tradisi yang sama juga bisa dijumpai di negara-negara Asia Barat lain serta kawasan teluk seperti di jazirah Arab.

Inilah sebabnya, orang-orang seperti Bilal bisa dengan mudah memelihara satwa buas dan langka tanpa perlu berpikir terlalu dalam soal hukum yang akan menjeratnya.

Mengapa demikian?

Ternyata di Pakistan, hewan-hewan buas semacam singa sekalipun dianggap sebagai tanda kekayaan. Harganya, jelas super fantastis dan bisa menjadi simbol kemakmuran bagi sang majikan.

Apakah hanya di Pakistan saja ada kondisi dimana manusia hidup berdampingan dengan hewan buas yang tak hanya satu namun sampai ratusan jumlahnya?

Ternyata tidak.

Sebab ada beberapa negara lain di banyak belahan bumi dimana bisa dijumpai manusia hidup berdampingan dengan hewan liar nan buas yang tentu susah ditemukan di Indonesia.

 

Negara-Negara ini Manusia bisa Hidup Berdampingan dengan Hewan Liar nan Buas

Kisah Bilal memang memukau. Siapa yang tak akan berdecak kagum melihat seorang pria hidup dikelilingi banyak hewab buas nan liar yang biasanya hanya bisa ditemui di dalam film saja.

Tak kalah dengan kisah Bilal dari Pakistan yang memelihara ratusan singa.

Masyarakat di negara-negara berikut ternyata juga sudah terbiasa hidup berdampingan dengan hewan buas nan liar.

Kanada dan Serigala Banff

Kanada adalah salah satu negara di Amerika Utara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang cukup luas. Tercatat salah satunya di Banff, sebuah taman nasional di Kanada yang lazim manusia di kawasan tersebut hidup berdampingan dengan serigala-serigala yang ada di sana.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Mudah dan Cepat

Hewan yang punya perangai berburu dengan berkelompok ini dianggap tak akan menyakiti manusia yang ada di sana. Dan lebih uniknya, pemerintah setempat bahkan mencanangkan serigala-serigala yang hidup di Banff sebagai hewan dilindungi. Tak boleh ada yang melukai apalagi sampai membunuh serigala Banff.

 

Dan benar, tak pernah tercatat ada konflik antara manusia dengan serigala di kawasan tersebut.

 

Glastonbury, Kota Kobra di Amerika

Siapa tak kenal ular kobra. Ular dengan kemampuan bisa yang terkenal ampuh untuk membunuh siapa saja yang terkena gigitannya ini jelas dihindari dan ditakuti.

 

Jangankan untuk hidup berdampingan dengan satu atau lebih ular kobra. Berjumpa saja sudah segan.

 

Tapi berbeda dengan yang terjadi di Glastonbury, sebuah kota di negara Paman Sam, Amerika Serikat yang warganya ternyata biasa hidup berdampingan dengan dengan jenis ular dengan nama ilmiah Naja ini.

 

Kondisi ini tentu tak lepas dari seorang pecinta ular lokal bernama Doug Fraser yang tak kenal lelah memberikan edukasi pada warga setempat tentang bagaimana teknik serta cara saat berinteraksi dengan ular kobra.

 

Tak kurang dari itu, Fraser juga memberikan pengetahuan pada warga lokal tentang cara menangani gigitan ular seandainya ada seseorang yang sampai harus terkena serangan kobra agar tak berakibat fatal.

 

Macan Tutul di Mumbai, India

Siapa tak kenal Mumbai. Salah satu kota paling padat penduduk di India.

 

Tapi nyatanya meski padat penduduk dan tentu dihuni banyak manusia. Faktanya masih ada binatang liar nan buas yang bebas berkeliaran di sana.

 

Adalah jenis hewan karnivora dengan nama ilmiah Panthera pardus fusca atau macan tutul india yang masih kerap bisa dijumpai berkeliaran dengan bebas di kawasan Gandhi National Park, Mumbai.

 

Yang lebih menarik, kehadiran macan tutul di kawasan tersebut ternyata bukan masalah bahkan dirasa membawa berkah bagi warga setempat.

 

Sebab, hadirnya macan tutul sekaligus juga mengendalikan dan menghalau mamalia perusak tanaman pangan yaitu babi hutan secara alamiah dan memperkecil ancaman gagal panen bagi petani setempat.

Itulah tadi beberapa negara-negara di dunia yang warganya masih hidup berdampingan dengan hewan liar nan buas. Beberapa bisa kita petik kesimpulan, bahwa tak selalu hewan liar bisa dianggap ancaman asal kita, manusia memahami cara untuk menjaga interaksi dengan mereka.