Jenis Ikan Konsumsi Paling Banyak di Pelihara di Indonesia
Berita Terbaru Life Style

Jenis Ikan Konsumsi Paling Banyak di Pelihara di Indonesia

Saat ini peluang usaha budidaya ikan bisa dikatakan menjanjikan. Beberapa jenis ikan bisa menyumbang hingga 80% total produksi perikanan di Indonesia. Hal tersebut karena permintaan yang banyak dan kemudahan dalam membudidayakan ikan-ikan tersebut.

Jenis ikan yang akan dibahas berikut ini adalah ikan yang banyak dikonsumsi di Indonesia.

5 Ikan Jenis yang Banyak Dibudidayakan di Indonesia

Berikut ini adalah lima jenis ikan yang banyak dipelihara di Indonesia terutama untuk dikonsumsi, antara lain:

  • Ikan Lele

Nama latin dari jenis ikan ini adalah Clarias sp. Lele juga termasuk dalam jenis ikan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Bahkan sempat muncul guyonan “Universitas Peternakan Lele Indonesia”.

Ikan ini banyak dipelihara untuk dijual kembali. Dagingnya yang lunak serta duri yang sedikit menjadi salah satu faktor mengapa lele disukai orang Indonesia.

Harganya pun cukup murah dan mudah untuk kita dapatkan. Perawatan ikan ini sederhana dan termasuk jenis ikan yang cepat besar. Rasio pakan lele yakni 1:1, artinya 1 kilogram pakan yang kita berikan bisa menghasilkan 1 kilogram tambahan berat lele.

  • Ikan Patin

Permintaan ikan patin di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, begitu juga dengan permintaan ekspor. Patin bisa dipelihara dengan jumlah 20 hingga 30 ekor setiap meter kubiknya, sehingga tidak memerlukan banyak tempat.

Pada umumnya, ikan patin dibudidayakan selama enam bulan sebelum siap dijual di pasar lokal. Namun untuk pasar ekspor, pembudidayaan akan sedikit lebih lama karena membutuhkan ukuran yang lebih besar.

  • Ikan Mas

Ikan mas yang memiliki nama latin Cyprinus carpio ini berkemban menjadi salah satu ikan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Padahal ikan ini dipercaya berasal dari Eropa dan Tiongkok yang dibawa melalui perdagangan.

Ikan mas sangat cocok dipelihara di Indonesia karena bisa berkembang dengan baik pada iklim tropis. Suhu yang tepat untuk pertumbukan ikan ini sekitar 23 hingga 30 derajat celsius.

Baca Juga : Kamu Harus Tahu Game Baru Release di Googleplay ini

Ikan mas bisa dikonsumsi biasayanya yang telah berumur empat bulan, namun ada juga peternak ikan mas yang menunggu hingga lima bulan untuk mencapai berat ideal.

  • Ikan Gurame

Walau termasuk jenis ikan yang mahal, namun permintaan ikan gurame di Indonesia termasuk tinggi, sehingga ikan ini termasuk dalam kategori jenis ikan yang banyak dipelihara.

Banyak restoran atau rumah makan yang menghidangkan ikan dengan nama latin Osphrenomus Goramy ini. Biasanya gurame bisa dikonsumsi ketika sudah mencapai berat 0.5 hingga 1 kilogram.

Dagingnya yang padat terasa gurih ketika dimakan. Biasanya pengolahan gurami bisa dengan digoreng, dibakar, bahkan ada yang diasapkan. Di Indonesia menu gurami bakar dan gurami asam manis adalah salah satu yang terfavorit.

  • Ikan Nila

Nila merupakan jenis ikan air tawar yang cukup mudah dipelihara karena tahan terhadap berbagai penyakit, sehingga para peternak akan terhindar dari kerugian ekonomi.

Ikan ini bisa tumbuh dan berkembang denga cepat. Beberapa jenis ikan nila yang termasuk dalam nila unggul bahkan bisa tumbuh 4.1 gram per hari.

Ukuran nila yang bisa dikonsumsi sendiri ketika sudah berusia empat hingga enam bulan. Sebagai sumber protein yang lengkap, ikan ini bisa didapatkan dengan harga murah. Oleh karena itu, ikan nila termasuk ikan yang banyak dipelihara.

Demikian lima jenis ikan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Hampir semua ikan tersebut dipelihara karena ada nilai jual, harganya cukup murah, dan tidak sulit dalam pemeliharaannya. Para peternak ikan juga cukup mudah membudidayakannya karena ikan-ikan tersebut cocok dengan iklim tropis Indonesia.