Tikus adalah Olahan Favorit
Life Style

Tahukan Anda? Di Vietnam Daging Tikus adalah Olahan Favorit

Mungkin terdengar agak menggelikan, namun faktanya sejak dulu, mengonsumsi daging tikus sudah menjadi budaya dikawasan Asia. Melihat populasi tikus yang melonjak, warga mulai berinovasi untuk menjadikannya sebagai masakan lezat yang sekarang menjadi ciri khas wilayah tersebut.

Salah satu negara dikawasan Asia yang merubah tikus menjadi kudapan lezat adalah Negara Vietnam.

Bagi warga Vietnam Selatan dan Vietnam Utara, daging tikus sudah menjadi olahan favorit yang wajib ada di meja makan. Mereka mengklaim bahwa protein hewani pada tikus jauh lebih banyak dari pada protein ayam.

Saking digemarinya, harga daging tikus dibeberapa daerah di kawasan Vietnam sangat tinggi. Jauh lebih tinggi dari harga daging lainnya.

Produksi daging tikus di delta mekong mencapai 3600 ton pertahunnya dan berhasil meraih keuntungan hingga 2 juta dolar Amerika.

Manfaat Daging Tikus Untuk Kesehatan

Selain protein, daging tikus juga memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Lalu, apa saja khasiat daging tikus untuk kesehatan? Berikut ini adalah daftarnya.

1.  Mengurangi Kadar Kolesterol

Berbeda dengan daging lainnya, daging tikus dipercaya bebas kolesterol sehingga ketika mengonsumsinya, Anda tidak perlu khawatir kolesterol Anda naik.

Selain bebas kolesterol, daging tikus memiliki kandungan protein yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Pengganti Asupan Daging untuk Diet

Jika Anda sedang melakukan diet, daging ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Kandungan protein yang ada dalam daging tikus dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, protein dalam daging tikus dapat memperlancar sistem pencernaan manusia.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Orang-orang Papua mengonsumsi daging tikus untuk mendapatkan  kekebalan tubuh yang bagus. Seperti yang kita tahu, orang Papua memiliki fisik yang kuat dan bugar.

Jika Anda adalah tipe orang yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya, mengonsumsi daging tikus adalah pilihan yang paling tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Menjaga Kesehatan Organ

Daging yang terkenal sangat lembut dan enak ini memiliki kandungan protein tinggi yang dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh dan menjaga kesehatan organ manusia.

Sama seperti yang Kita tahu, tubuh Kita membutuhkan asupan protein yang bisa didapat dari semua makanan yang kita konsumsi.

5. Menambah Stamina

Setelah diteliti, daging tikus mengandung 1090 ME (kj/100g) energi yang dapat meningkatkan stamina tubuh Sehingga Anda dapat merasakan lonjakkan stamina yang lebih baik.

Jenis Tikus yang dikonsumsi Warga Vietnam

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis tikus yang berkembang biak, tetapi warga Vietnam hanya mengonsumsi dua jenis tikus. Yakni tikus sawah dan tikus ternak.

Tikus sawah dipilih oleh warga Vietnam karena jenis ini memakan padi sebagai makanannya. Sehingga dianggap sama dengan yang dikonsumsi oleh manusia. Hal ini yang memberikan stigma bahwa tikus sawah dapat dikonsumsi.

Lihat Juga : Kejawen: Pedoman Berkehidupan bagi Masyarakat Jawa

Berbeda halnya dengan tikus sawah, tikus ternak dipilih karena faktor kebersihannya. Tikus ternak dipercaya telah diperlakukan secara baik dan makan makanan yang bersih sehingga membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Lalu bagaimana dengan tikus di perkotaan?

Warga setempat enggan untuk mengonsumsi tikus jenis ini. Alasannya adalah tikus yang hidup liar di jalanan kota makan makanan yang tidak bersih. Jika tetap memaksa untuk mengonsumsinya, kesehatan seseorang mungkin saja bisa menjadi buruk.

Ada beberapa olahan khas daging tikus yang tersebar di vietnam. Salah satunya adalah tikus goreng, tikus panggang, dan sop daging tikus yang dipercaya menjadi favorit semua warga Vietnam.

Meskipun daging tikus aman untuk dikonsumsi, bahkan memiliki khasiat bagi kesehatan, daging tikus haruslah diolah dengan benar dan bersih. Ada beberapa bagian dari tikus yang sama sekali tidak bisa dimakan. Untuk itu, pengolahan yang benar sangat dibutuhkan.